Lobi Yahudi di AS Menyatakan Kecewa Pada Obama

Kamis, 06/08/2009 11:30 WIB | email | cetak | share
American Israel Public Affairs (AIPAC), kelompok lobi Yahudi di AS yang pro-Israel ini mengungkapkan kekecewannya pada Presiden Barack Obama karena akan memberikan penghargaan pada Mary Robinson, mantan presiden Irlandia yang juga anggota komisaris tinggi Dewan HAM PBB.
Pekan lalu, Presiden Obama mengumumkan nama calon penerima “Presidential Medal of Freedom”, sebuah penghargaan yang diberikan presiden AS pada tokoh-tokoh yang dianggap berjasa pada masyarakat dunia. Diantara penerima penghargaan itu adalah Senator AS Edward Kennedy atas upayanya dalam melawan kanker otak, petenis Billie Jean King ilmuwan fisika Stephen Hawking dan Mary Robinson atas perannya sebagai presiden Irlandia dan komisaris tinggi hak asasi manusia PBB.


AIPAC mengecam penghargaan Obama pada Robinson karena menurut AIPAC, Robinson telah bersikap bias terhadap negara Yahudi Israel. Robinson, kata AIPAC, adalah salah satu tokoh yang mengkritik Israel saat konferensi anti-rasisme Durban tahun 2001.
“AIPAC menyatakan kekecewaan yang mendalam atas pilihan pemerintahan Obama yang memberikan penghargaan Presidential Medal of Freedom pada Mary Robinson,” tukas AIPAC dalam keterangan persnya.
Dalam pernyataannya, AIPAC juga meminta dengan hormat pada pemerintahan Obama untuk dengan tegas, terbuka dan secara menyeluruh, menolak pandangan-pandangan Robinson terhadap Israel.
Menanggapi desakan AIPAC, Jubir Gedung Putih, Robert Gibbs mengatakan penghargaan terhadap Robinson tidak ada kaitannya dengan pandangan-pandangan Robinson soal Israel. “Tekanan Obama terhadap Israel agar menghentikan pembangunan pemukiman ilegalnya di Tepi Barat bukan berarti pemerintahan AS setuju dengan kritikan-kritikan Robinson terhadap Israel,” ujar Gibbs.
Penghargaan itu, kata Gibbs, semata-mata karena peran Robinson sebagai presiden perempuan pertama di Irlandia dan dalam memperjuangkan hak asasi perempuan di Irlandia dan di seluruh dunia. (ln/mol)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: