Lobi Yahudi

Selama ini, entah sudah berapakali, lobi Yahudi selalu dikutuk, dikambinghitamkan. Terutama jika ada kejadian yang melibatkan Israel di timur tengah. Betapa memang dengan kasat mata kita dapat melihat sikap Amerika Serikat sebagai negara adalah mendukung apapun yang dilakukan Israel secara membabi-buta, walau siapapun presidennya.


Ke-membabibuta-an itu disinyalir karena lobi Yahudi. Lobi Yahudi dalam artian bahwa Yahudi lah yang paling berpengaruh atas kebijakan yang diambil pemerintah Amerika Serikat. Yah, lobi Yahudi ini memang nyata ada, sudah tidak bisa disangkal lagi. Semua orang normal pasti bisa melihatnya dengan gamblang dari kejadian-kejadian selama ini.
Nah, hal tersebutlah yang bagi sebagian orang dimanfaatkan untuk membangkitkan kebencian kepada Yahudi dan Amerika Serikat. Saya tidak setuju akan pemanfaatan yang seperti itu. Sebab kejadian lobi-perlobian itu menurut saya adalah hal yang wajar. Lobi itu sudah merupakan strategi dasar dari manusia untuk bertahan hidup. Toh, kita selama ini adalah pelaku lobi-lobi juga. Hidup kita penuh lobi dengan manusia lain, bos, rekan kerja, rekan bisnis, bawahan, pembantu, dll lagi. Semua itu adalah lobi.
Lantas, dengan menyadari itu semua, maka tidak pada tempatnya mengutuk membabi-buta sambil membangkitkan kebencian akan lobi Yahudi pada Amerika Serikat ini. Toh, mereka melakukan apa yang memang sudah sewajarnya dilakukan. Juga tidak ada gunanya semua kutukan dan kebencian itu. Lebih baik, pihak yang merasa dirugikan oleh lobi tersebut melawannya dengan lobi juga. Lobilah Amerika Serikat dengan segala sumber daya yang ada agar setidaknya bisa mempertimbangkan pendapat dari sumber lain.
Sebab bagi Amerika Serikat sebenarnya sudah jelas posisinya yakni mana lobi yang lebih menguntungkan itulah yang mereka ambil. Selama ini Amerika Serikat kelihatan membebek pada kepentingan Israel itu lebih karena mereka tidak punya pilihan lain. Lobi Yahudi terlalu kuat karena tidak ada lobi lain yang dapat menandingi. Dan jelas lobi dengan ancaman bom tidak akan pernah bisa menandingi lobi Yahudi melalui ekonomi yang sudah berakar sangat lama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: