Serial Bahasan tentang Baiat: Sebuah Kisah Baiat Ibnu Umar (5-Habis)

Dahulu dua pihak yang masing-masing mengklaim dirinya sebagai yang berhak memegang tampuk kekhilafahan. Keduanya adalah Abdul Malik bin Marwan dan Abdullah bin Zubair. Pada saat itu, Ibnu Zubair tinggal di kota Mekkah dan berlindung di sana setelah Muawiyah wafat.
Karena Ibnu Zubair menolak berbaiat kepada Yazid bin Muawiyah, Yazid mengirimkan batalion tentaranya beberapa kali untuk menyerangnya. Ketika tentaranya masih dalam posisi mengepung Ibnu Zubair, Yazid meninggal dunia pada bulan Rabiul Awal 64 H. Menyusul kematian Yazid, umat Islam berbaiat kepada Ibnu Zubair (dengan wilayah kekuasaan di Hijaz), sedangkan penduduk daerah-daerah lain berbaiat kepada Muawiyah bin Yazid bin Muawiyah (Muawiyah II).

Kira-kira 40 hari kemudian, Muawiyah II meninggal dunia. Maka sebagian besar penduduk wilayah kekuasaan Muawiyah II kemudian berbaiat pada Ibnu Zubair dengan wilayah kekhalifahan meliputi Hijaz, Yaman, Mesir, Irak, seluruh bagian timur dan seluruh negeri Syam, termasuk Damaskus. Semua berbaiat kepada Ibnu Zubair kecuali seluruh keturunan bani Umayyah dan orang-orang yang masih setia kepada mereka di Palestina. Dengan serentak, mereka berbaiat kepada Marwan bin Hakam untuk memegang kekuasaan.
Selanjutnya, orang-orang yang setia kepada Marwan menyerang (pengikut Ibnu Zubair) di Damaskus, sehingga terjadi saling bunuh antara dua golongan di tanah lapang. Setelah berhasil menguasai Syam, Marwan menyerang Mesir dan mengepung Abdurrahman bin Jahdar, gubernur Ibnu Zubair di sana, dan berhasil menguasai Mesir pada bulan Rabiul Akhir tahun 65 H. Namun, pada tahun itu juga Marwan wafat (memegang kekuasaan hanya 6 bulan) dan digantikan putranya, Abdul Malik bin Marwan dengan wilayah kekuasaan meliputi Syam, Mesir dan Maroko. Sementara itu, wilayah Hijaz, Irak dan negeri bagian timur berada dalam kekuasaan Ibnu Zubair.
Hanya kota Kufah yang dikuasai Mukhtar bin Abu Ubaid, sang pemberontak yang mengajak orang untuk setia pada Imam Mahdi dan ahlu bait. Mukhtar memerintah di sana selama kurang lebih dua tahun. Kemudian Mus’ab bin Zubair dari pihak (Ibnu Zubair) menyerang Mukhtar pada bukan Ramadhan 71 H yang mengakibatkan terbununya Mukhtar.

Namun, keadaan segera berubah. Abdul Malik bin Marwan menyerang Mus’ab bin Zubair dan mengepungnya sehingga Mus’ab gugur pada bulan Jumadil Akhir tahun itu. Karena kekalahan yang diderita dan wilayah yang mulai menyusut dan hanya terdiri dari Hijaz, Yaman dan wilayah timur. Puncaknya, Abdul Malik menyiapkan pasukan di bawah pimpinan Hajjaj bin Yusuf dan mengepung serta menyerang Hijaz selama dua tahun. Pada April 73 H Ibnu Zubair terbunuh.

Selama pertentangan itulah Ibnu Umar menolak berbaiat pada Ibnu Zubair atau Abdul Malik bin Marwan, sebagaimana ia juga menolak berbaiat pada Ali atau Muawiyah. Setelah Ibnu Zubair terbunuh dan semua wilayah kerajaan berada di bawah kekuasaan Abdul Malik, barulah Ibnu Umar berbaiat kepada Ibnu Malik. (Lihat: Manhaj As-Sunnah fi Al-‘Alaqoh baina Al-Haakim wal Mahkum, Yahya Ismail, terj.Andi Suherman (Jakarta:Gema Insani Press,1995), p.181-182

Abdullah bin Umar Radhiyallahu ‘anhuma, pada mulanya tidak berbaiat kepada Abdullah bin Zubair ataupun Abdul Malik bin Marwan. namun ketika umat sepakat kepada Abdul Malik bin Marwan, beliau pun berbaiat kepadanya. Diriwayatkan dari Abdullah bin Dinar, ia berkata, “Aku melihat —pada saat umat berkumpul untuk berbaiat kepada Abdul Malik bin Marwan sebagai khalifah— Ibnu Umar berkata, “Sesungguhnya aku menyatakan mendengar dan taat kepada hamba Allah Jalla wa ‘ala, Abdul Malik, Amirul Mukminin, di atas ketetapan Allah Jalla wa ‘ala Azza wa Jalla dan Sunnah Rasul-Nya selama aku mampu, dan sesungguhnya anak-anakku telah menyatakan hal yang sama.”(HR. Al-Bukhari no. 7203 dan 7205).

Penulis: M. Fahrudin

http://www.kiblat.net/2014/12/26/serial-bahasan-tentang-baiat-sebuah-kisah-baiat-ibnu-umar-5-habis/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: