Mau Jadi Orang Sakti & Sukses? Pake Susuk?

SUSUK ya susuk. Siapa yang tidak mengenal barang ini? Sangat populer di masyarakat dan konon, katanya susuk ini merupakan barang dagangan para dukun yang paling laris karena konsumennya dari segala kalangan; penyanyi antar kecamatan, hingga artis papan atas. Pejabat ataupun pengusaha.

Definisi susuk sama seperti jimat, tetapi bedanya susuk merupakan benda kecil yang sengaja dimasukan ke dalam tubuh. Ada pula yang berukuran besar yang biasanya ditanamkan di dalam tanah untuk maksud tertentu sesuai dengan jenis susuk yang diinginkan.

Konon susuk merupakan budaya mistis yang di wariskan sejak zaman Nusantara (ditandai berdirinya kerajaan Kutai pada 400 SM). Pada masa itu Raja Mulawarman disinyalir mengunakan susuk untuk mendongkrak kewibawaan di mata rakyat dan musuh musuhnya. Memang di kecamatan Tenggarong dan di Kutai Kartanegara, pusat kerajaan Kutai tempo dulu, bukti-bukti pengaruh susuk di kerajaan yang terletak di Kalimantan timur itu bisa ditelusuri. Salah satunya dari batu tulisan dan selebaran kitab yang berserakan di daerah daerah yang pernah dikunjungi oleh punggawa kerajaan Kutai. Konon juga para dayang dayang yang dipilih dimandikan Raja Mulawarman dengan mengunakan susuk agar terlihat cantik dan menggairahkan.

Di Jawa, perkembangan susuk lebih pesat ketimbang di pulau yang lain. Hal ini salah satu pengaruh budaya agama agama terdahulu di Nusantara yang sudah mengakar kuat di tanah Jawa, sehingga ketika Islam masuk, adat istiadat yang berbau mistik dan takhayul tidak bisa diredam dalam waktu singkat.

Bahan-bahan untuk membuat susuk sangat beraneka ragam seperti emas, perak, intan, berlian, permata, besi, baja dan lain lain. Kegunaan susuk menurut mereka juga bervariasi tergantung tujuan pasiennya. Ada dukun yang ahli pemasangan susuk mengatakan bahwa susuk bisa menambah seorang wanita semakin cantik, awet, muda, kebal senjata, bahkan susuk bisa dipakai untuk melindungi rumah dengan seisinya dari marabahaya dengan cara menguburkan susuknya dalam tanah sebagai tumbal.

Yang menarik dan unik belakangan ini muncul istilah susuk yang menggunakan istilah istilah modern seperti susuk bioenergi yang berupa kapsul dan bisa diminum oleh pasien nya. Kapsul ini nantinya dipercaya akan merangsang aspek biomolekuler tubuh, memancarkan gelombang bioelektromagnetik sehingga tubuh menjadi sehat, memancarkan karisma, memperlambat proses penuaan, disegani kawan atau lawan. Juga ada istilah susuk yang bisa ditransfer jarak jauh melalui tenaga dalam sang bapak paranormal.

Pemasangan susuk sangat kental dengan nuansa mistik, syirik, meskipun dibumbui oleh kata-kata arab, atau bahkan dengan ayat. Tetapi begitulah, syetan memang suka mencampuradukan antara yang benar dan yang bathil. Hukum yang memasang susuk dan pemakai susuk sama dengan pembuat dan pemakai jimat, yakni haram syirik. Diriwayatkan dari Zainab, isteri ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, “Ada seorang wanita tua datang ke rumah kami untuk meruqyah (menjampi-jampi) penyakit humrah (campak). Di rumah, kami memiliki tempat tidur yang panjang ukurannya. Setiap kali Abdullah bin Mas’ud pulang, beliau biasanya berdehem dan bersuara. Tiba-tiba hari itu beliau pulang. Ketika mendengar suaranya, wanita tua itu berhijab darinya. Beliau masuk dan duduk di dekatku. Beliau menyentuhku dan mendapati benang pada tubuhku. Beliau berkata, ‘Apa ini?’ ‘Jampi-jampi untuk menyembuhkan penyakit humrah (campak),’ jawabku. Beliau menarik dan memutus benang itu, lalu membuangnya. Beliau berkata, ‘Keluarga ‘Abdullah bin Mas’ud harus bersih dari praktik-praktik syirik!’ Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, ‘Sesungguhnya jampi-jampi (mantera-mantera yang berasal dari jin dan tidak dapat dipahami artinya), tamimah (jimat-jimat) dan tiwalah (palet, susuk, ajian pengasih dan sejenisnya) termasuk syirik.’” (Shahih, HR Abu Dawud [3383], Ibnu Majah [3530], Ibnu Hibban [6090], Ahmad [I/381], al-Hakim [IV/216-217 dan 417-418], Baihaqi [IX/350], Thabrani dalam al-Kabiir [10503]). []

______________

Diasuh oleh Oleh: Yudhistira Adi Maulana, Penggagas rumah sehat Bekam Ruqyah Centre Purwakarta yang berasaskan pengobatan Thibbunnabawi. Alamat: Jl. Veteran No. 106, Kebon Kolot Purwakarta, Jawa Barat, Telf. 0264-205794. Untuk pertanyaan bisa melalui SMS 0817 920 7630 atau PIN BB 26A D4A 15.

https://www.islampos.com/mau-jadi-orang-sakti-sukses-pake-susuk-40755/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: