Perlawanan Setan dan Mengenal Tipu Dayanya (1)

SETAN merupakan salah sosok yang tidak dapat kita lihat secara kasat mata. Dialah musuh bagi manusia. Dia yang dapat menjerumuskan manusia ke dalam hal-hal yang di benci oleh Allah. Sehingga kita akan mendapatkan murka Allah. Oleh karena itu, jagalah diri kita dari segala godaan setan. Dan lindungilah diri kita dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah. Serta kita pun harus meminta kepada Allah agar kita dilindungi dari segala godaan setan yang terkutuk.

Al-Faqih berkata: Ayahku menceritakan kepadaku, Abul Hasan Al Fira’ menceritakan kepada kami, Abu Bakr Ahmad bin Ishaq Al Jauzajani menceritakan kepada kami, Salamah menceritakan kepada kami dari Abdur Razzaq dari Ma’mar dari Az Zuhri dari Shafiyah binti Jahsy, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Setan itu mengalir di dalam (tubuh) manusia seperti mengalirnya darah.”

Al-Faqih berkata: Ayahku menceritakan kepada kami, Abul Hasan Al Fira’ menceritakan kepada kami, Abu Bakr Ahmad bin Ishaq menceritakan kepada kami, Salamah menceritakan kepada kami dari seorang yang menceritakannya dari Al Kalbi dari Abu Shalih dari Ibnu Abbas RA di dalam menafsirkan surah An Nas, yang artinya, “Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhannya manusia, Raja manusia, sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia,” (QS. An-Nas: 1-6). Ibnu Abbas menyatakan bahwa setan itu masuk ke dalam hati jin sebagaimana masuk ke dalam hati manusia, lalu membisikkan kejahatan d hati mereka; di mana apabila mereka berdzikir kepada Allah, maka setan itu lari dan keluar dari hati mereka.
Diriwayatkan dari Nabi SAW, bahwasanya beliau bersabda, “Aku diutus berseru dan menyampaikan (risalah), dan sama sekali aku tidak mempunyai hak untuk memberikan hidayah (petunjuk). Dan iblis itu diciptakan untuk membujuk, dan sama sekali tidak mempunyai hak untuk menyesatkan.”

Maksudnya, iblis hanya menggoda untuk melakukan maksiat dan tidak lebih dari itu. Oleh karena itu, setiap orang harus bersungguh-sungguh untuk menolak bisikan iblis yang ada pada dirinya dan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk melawan ajakan musuhnya itu, karena Allah Ta’ala berfirman, “Sungguh, setan itu musuh bagimu, maka perlakukanlah ia sebagai musuh,” (QS. Fatir: 6).

Orang yang berakal sehat harus mengetahui mana kawan dan mana lawan, lalu mengikuti kawan dan meninggalkan lawan.

Dikatakan bahwa tanda orang bodoh itu ada 4, yaitu:

1. Marah tanpa sebab.

2. Mengikuti hawa nafsu dalam hal yang bathil.

3. Membelanjakan harta untuk hal-hal yang tidak penting.

4. Tidak bisa membedakan mana kawan dan mana lawan, artinya ia lebih senang mematuhi ajakan setan daripada mematuhi perintah Allah Ta’ala. Allah Ta’ala berfirman, “Pantaskah kamu menjadikan dad an keturunannya sebagai pemimpin selain Aku, padahal mereka adalah musuhmu? Sangat buruklah (iblis itu) sebagai pengganti (Allah) bagi orang yang zhalim,” (QS. Al-Kahfi: 50).

Tanda orang yang berakal sehat juga ada 4, yaitu:

1. Sabar terhadap orang bodoh.

2. Menhan diri dari yang bathil.

3. Membelanjakan harta untuk hal-hal yang penting.

4. Bisa membedakan mana kawan dan mana lawan.

Diceritakan dari Wahb bin Munabbih bahwasanya ia berkata, “Iblis menemui Yahya bin Zakaria AS lalu Yahya berkata kepadanya, ‘Beritahukanlah kepadaku tentang macam-macam tabi’at manusia menurut pendapatmu.’ Iblis berkata, ‘Sebagian di antara mereka seperti kamu yaitu ma’shum (terjaga dari melakukan perbuatan dosa), di mana kami tidak mampu menggodanya sedikit pun. Kelompok yang kedua berada di tangan kami seperti bola pada tangan anak-anak, di mana nafsu mereka menurut apa kehendak kami. Sedangkan kelompok yang ketiga, maka itu merupakan kelompok yang paling berat bagi kami, di mana kami sudah berusaha sekuat tenaga untuk menggodanya sehingga kami dapat menggodanya, akan tetapi buru-buru ia membaca istighfar, sehingga sia-sialah apa yang telah kami dapatkan itu. Akan tetapi kami tidak pernah berputus asa, namun tidak pernah berhasil mencapai apa yang kami inginkan untuk menggodanya’.”

BERSAMBUNG

https://www.islampos.com/perlawanan-setan-dan-mengenal-tipu-dayanya-1-112649/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: