Perlawanan Setan dan Mengenal Tipu Dayanya (2)

SALAH seorang cendekiawan berkata, “Saya merenung dan berpikir dari pintu mana setan dapat masuk pada manusia, ternyata setan itu masuk malalui sepuluh pintu, yaitu:

1. Rakus dan buruk sangka, lalu saya menghadapinya dengan percaya dan qana’ah. Kemudian saya bertanya pada diri sendiri, ‘Ayat manakah yang bisa saya ambil untuk memperkuat pendapat itu?’ Lalu saya menemukan firman Allah Ta’ala, ‘Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi, melainkan semuanya di jamin Allah rezekinya,’ (QS. Hud: 6).

Maka rakus dan buruk sangka itu saya patahkan dengan ayat tersebut.

2. Ingin hidup terus dan panjang angan-angan, lalu saya menghadapinya dengan datangnya kematian secara mendadak. Kemudian saya bertanya pada diri sendiri, ‘Ayat manakah yang bisa saya ambil untuk memperkuat pendapat itu?’ Lalu saya menemukan firman Allah Ta’ala, ‘Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati,’ (QS. Luqman: 34).

Maka ingin hidup terus dan panjang angan-angan itu saya patahkan dengan ayat tersebut.

3. Ingin bahagia terus dan nikmat yang berkecukupan, lalu saya mengetahui dengan hilangnya nikmat dan beratnya hisab, kemudian saya ambil untuk memperkuat pendapat itu. Lalu saya menemukan firman Allah Ta’ala, ‘Biarkan mereka (di dunia ini) makan dan bersenang-senang dan dilalaikan oleh angan-angan (kosong) mereka, kelak mereka akan mengetahui (akibat perbuatannya),’ (QS. Al-Hijr: 3).

Dan juga ayat, ‘Maka bagaimana pendapatmu jika kepada mereka Kami berikan kenikmatan hidup beberapa tahun, kemudian datang kepada mereka adzab yang diancam kepada mereka, niscaya tidak berguna bagi mereka kenikmatan yang mereka rasakan,’ (QS. Asy-Syu’ara: 205-207).

Maka keinginan untuk ingin bahagia sejahtera dan nikmat yang berkecukupan itu saya patahkan dengan ayat tersebut.

4. U’jub (membanggakan diri sendiri), lalu saya menghadapinya dengan mengingat karunia Allah dan takut terhadap akibat. Kemudian saya bertanya pada diri sendiri, ‘Ayat manakah yang bisa saya ambil untuk memperkuat pendapat itu?’ Lalu saya menemukan firman Allah Ta’ala, ‘Maka di antara mereka ada yang sengsara dan ada yang berbahagia,’ (QS. Hud: 105).

Saya tidak tahu akan masuk dalam kelompok yang mana, maka u’jub itu saya patahkan dengan ayat tersebut.

5. Meremehkan teman dan tidak menghormati mereka, lalu saya menghadapinya dengan mengenal hak mereka dan menghormati mereka. Kemudian saya bertanya pada diri sendiri, ‘Ayat manakah yang bisa saya ambil untuk memperkuat pendapat itu?’ Lalu saya menemukan firman Allah Ta’ala, ‘Padahal kekuatan itu hanyalah bagi Allah, Rasul-Nya dan bagi orang-orang mukmin,’ (QS. Al-Munafiquun: 8).

Maka meremehkan teman dan tidak menghormati mereka saya patahkan dengan ayat tersebut.

6. Dengki (iri hati), lalu saya menghadapinya dengan keadilan dan pembagian Allah terhadap makhluk-Nya. Kemudian saya bertanya pada diri sendiri, ‘Ayat manakah yang bisa saya ambil untuk memperkuat pendapat itu?’ Lalu saya menemukan firman Allah Ta’ala, ‘Kamilah yang menentukanpenghidupan mereka dalam kehidupan di dunia,’ (QS. Az-Zukhruf: 32).

Maka rasa dengki itu saya patahkan dengan ayat tersebut.

7. Riya’ dan ingin dipuji orang lain, lalu saya menghadapinya dengan ikhlas. Kemudian saya bertanya pada diri sendiri, ‘Ayat manakah yang bisa saya ambil untuk memperkuat pendapat itu?’ Lalu saya menemukan firman Allah Ta’ala, ‘Maka barangsiapa mengharap pertemuan dengan Tuhannya, ‘Maka hendaklah dia mengerjakan kebajikan dan janganlah dia mempersekutukan dengan sesuatu pun dalam beribadah kepada Tuhannya,’ (QS. Al-Kahfi: 110).

Maka riya’ ingin dipuji orang lain itu saya patahkan dengan ayat tersebut.

BERSAMBUNG

https://www.islampos.com/perlawanan-setan-dan-mengenal-tipu-dayanya-2-113887/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: