Perlawanan Setan dan Mengenal Tipu Dayanya (4)

ALLAH Ta’ala telah menjelaskan bahwa setan itu merupakan musuh bagi manusia dan selalu berusaha untuk menyesatkan manusia agar sama-sama terseret ke dalam neraka. Oleh karena itu, setiap orang yang berakal sehat wajib untuk bersungguh-sungguh di dalam melawannya supaya dirinya bisa selamat daripadanya, karena selain itu adalah musuh yang jelas bagi orang-orang yang beriman. Selain dari setan, orang mukmin itu juga mempunyai musuh, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra. dari Nabi saw., bahwasanya beliau bersabda:

“Orang yang beriman itu berada di antara lima kesulitan, (yaitu: orang mukmin yang dengki kepadanya, orang munafik yang membencinya, musuh yang memeranginya, setan yang menyesatkannya, dan nafsu yang menyelewengkannya).”

Maksudnya nafsu yang cenderung untuk berbuat kesesatan dan penyelewengan. Maka setiap muslim harus mohon pertolongan kepada Allah Ta’ala agar dikuatkan untuk menghadapi musuh-musuhnya dan diberi kemampuan untuk mengerjakan apa yang diridhai Allah, dan semuanya itu mudah bagi orang yang dimudahkan oleh Allah Ta’ala.

Shalih meriwayatkan dengan sanadnya dari Abdur Rahman bin Ziyad bin An’am, di mana ia berkata, “Sewaktu Nabi Musa as. sedang duduk, tiba-tiba iblis datang dengan memakai topi yang berwarna-warni, dan ketika ia dengan Nabi Musa as. ia membuka topinya dan mengucapkan salam, lalu Nabi Musa as. bertanya, ‘Siapakah kamu?’ Ia menjawab, ‘Saya iblis.’ Nabi Musa as. bertanya, ‘Kenapa kamu datang kemari?’ Ia menjawab, ‘Untuk memberi selamat kepadamu atas kedudukanmu di sisi Allah.’ Nabi Musa as. bertanya, ‘Untuk apa topi yang kamu bawa itu?’ Ia menjawab, ‘Untuk mengelabui manusia.’ Nabi Musa as. bertanya, ‘Beritahukanlah kepadaku dosa apakah yang dilakukan oleh manusia, maka kamu akan menguasainya?’ Ia menjawab, ‘Apabila manusia itu berbangga dengan bercampur sombong atas dirinya sendiri, merasa amalnya banyak, dan lupa pada dosanya, maka disaat itulah saya dapat menguasainya’.”

Diceritakan dari Wahb bin Munabbih, bahwasanya ia berkata: Allah Ta’ala memerintahkan iblis untuk mendatangi Nabi Muhammad saw. untuk menjawab apa yang beliau tanyakan, kemudian iblis itu datang dengan menyerupai orang tua yang bertongkat; lalu terjadilah dialog berikut ini:

“Nabi saw. bertanya kepadanya, ‘Siapakah kamu?’ Ia menjawab, ‘Saya adalah iblis.’ Beliau bertanya, ‘Kenapa kamu datang?’ Iblis menjawab, ‘Allah memerintahkan saya untuk datang kepadamu dan menjawab apa yang ingin engkau tanyakan kepadaku.’ Nabi saw. lalu bertanya, ‘Wahai makhluk yang terkutuk, ada berapa kelompok musuh-musuhmu dari umatku?’ Iblis menjawab, ‘Ada lima belas, yang pertama adalah engkau, kedua pemimpin yang adil, ketiga orang kaya yang rendah hati, keempat pedagang yang jujur, kelima orang yang pandai (alim) yang tenang pembawaannya, keenam oang mukmin yang suka memberi nasihat, ketujuh orang mukmin yang murah hati, kedelapan orang yang bertaubat yang tetap pada taubatnya itu, kesembilan orang yang benar-benar menjaga diri dari yang haram, kesepuluh orang mukmin yang selalu berada dalam keadaan suci, kesebelas orag mukmin yang banyak shadaqahnya, kedua belas orang mukmin yang berbaik budi kepada sesama manusia, ketiga belas orang mukmin yang banyak bermanfaat bagi sesame manusia, keempat belas orang yang pandai al-Qur’an yang selalu membacanya, dan kelima belas adalah orang yang biasa mengerjakan shalat di waktu malam sewaktu orang-orang lain sedang tidur.’ Kemudian Nabi saw. bertanya, ‘Siapakah teman-temanmu dari umatku?’ Iblis menjawab, ‘Ada sepuluh, yang pertama adalah penguasa yang zhalim, kedua orang kaya yang sombong, ketiga pedagang yang curang, keempat orang yang meminum-minuman keras, kelima orang yang suka menyebarkan fitnah, keenam orang yang berbuat zina, ketujuh orang yang memakan harta anak yatim, kedelapan orang yang meremehkan shalat, kesembilan orang yang tidak mengeluarkan zakat, dan kesepuluh adalah orang yang panjang angan-angan. Mereka itulah teman-teman dan saudara-saudaraku’.”

BERSAMBUNG

https://www.islampos.com/perlawanan-setan-dan-mengenal-tipu-dayanya-4-116723/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: