Mengetahui 13 Cara Syaitan Menggoda Manusia (1)

SYAITAN adalah musuh manusia yang siap membawa manusia kepada kesesatan. Sebagaimana janjinya, syaitan akan menggoda manusia akhir kiamat nanti. bagaimana cara Syaitan mengooda manusia? Berikut adalah ulasannya.

1. Menanamkan permusuhan kepada sesama manusia

Allah SWT berfirman dalam surat al-Baqoroh: 268 dan surat al-Maidah: 91

“Wahai kaum mukmin, setan hanya ingin membenamkan kalian dalam rasa permusuhan dan kebencian karena minuman keras dan judi. Setan ingin melalaikan kalian dari mengingat Allah an melaksanakan shalat. Karena itu mengapa kalian tidak mau berhenti dari perbuatan itu? (QS. al-Maidah: 91)

2. Setan membuat kita lupa beribadah kepada Alloh

Setan telah memalingkan kaum munafik dan menjadikan mereka lupa untuk mengingat Allah. Orang-orang munafik yang berteman dengan kaum Yahudi dan Nasrani adalah golongan setan. Ketahuilah, sungguh golongan setan itu akan selalu rugi (QS. Mujadalah: 19).

3. Setan mengajak manusia berpaling dari syari’at Islam

“Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (al-Qur’an), Kami adakan baginya setan (yang menyesatkan), maka setan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya (teman dekatnya).” (QS. al-Zukhruf: 36)

4. Setan mengajak orang agar taklid

“Dan apabila dikat kan kepada mereka: “Ikutilah apa yang diturunkan Alloh.” Mereka menjawab: “Tidak, tapi kami (hanya) mengikuti apa yang kami dapati bapak-bapak kami mengerjakannya.” Dan apakah mereka (akan mengikuti bapak-bapak mereka) walaupun setan itu menyeru mereka ke dalam siksa api yang menyala-nyala (neraka)?” (QS. Luqman: 21)

5. Kerja sama dengan tukang sihir, paranormal, penyesat umat

Sahabat Jabir berkata: “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya Iblis meletakkan singgasananya di atas air, lalu mengutus bala tentaranya, maka yang paling dekat dengan Iblis yang paling besar menggodanya, lalu salah satunya datang dan berkata: Aku telah berbuat ini dan itu, Iblis berkata: kamu belum berbuat apa-apa, dia berkata: kemudian salah satunya datang dan berkata: Tidaklah aku meninggalkan mereka sehingga aku mampu memisahkan antara dia dan istrinya. dia berkata: lalu dia mendekatinya dan berkata: “Kamu adalah sebaik-baik pengikut.” (HR. Muslim 8/138)

6. Manusia dibuat ragu dan was-was

“Dan katakanlah: “Ya Robbku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan.” (QS. al-Mu’minun: 97)

Dari Abu Hurairoh, Rosululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Datang setam kepada salah satu di antara kalian, lalu bertanya: siapa yang menciptakan ini dan ini, bahkan sampai bertanya siapa yang menciptakan Robbmu. Maka jika dating was-was demikian berlindunglah kepada Alloh (dengan membaca ta’awudz) dan hentikan (dari berpikir demikian).” (HR. Muslim 1/84).

BERSAMBUNG

https://www.islampos.com/mengetahui-13-cara-syaitan-menggoda-manusia-1-146840/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: