Di Antara Kedua Matanya Tertulis “Kafir”

ALLAH SWT sudah memberitahukan ciri-ciril pada Dajal yang hanya diketahui oleh mukmin yang bersih mata hatinya. Tanda ini adalah tulisan yang tertera di antara kedua matanya: k-f-r atau kafir.

Dalam Shahih al-Bukhari dari Anas diriwayatkan bawa Nabi saw. bersabda, “Tidak diutus seorang nabi kecuali ia memperingatkan umatnya akan bahaya si buta sebelah dan pendusta. Dajjal itu sungguh buta sebelah, sedangkan Tuhanmu tidak buta sebelah. Di antara kedua matanya tertulis ‘kafir’,”.

Dalam Shahih Muslim disebutkan bahwa Dajal itu “tertulis di antara kedua matanya ‘k-f-r’.

Dalam Shahih Ibn Khujaimah, Sunan ibnu Majah, dan Mustadrak al-Hakim diriwayatkan dengan sanad sahih dari Abu Umamah, “Sungguh termaktub di antara kedua matanya ‘kafir’ yang dapat dibaca oleh setiap mukmin yang bisa menulis maupun tidak.”

Dalam Shahih Muslim, “Sesungguhnya tertulis di antara kedua matanya ‘kafir’ yang dapat dibaca oleh orang yang membenci sikapnya atau dapat dibaca oleh setiap mukmin.”

“Yang benar,” kata Nawawi, “menurut para ulama, pengertian tulisan di sini adalah secara lahiriah. Itu adalah tulisan hakiki. Allah menjadikannya sebagai salah satu tanda yang menunjukkan kekufuran, kedustaan, dan kebatilan Dajal. Allah menampakkannya, kepada setiap muslim yang bisa menulis maupun tidak, dan Ia menyembunyikannya dari orang yang dikehendaki-nya celaka atau terkena fitnah.”

Al-Qadhi ‘Iyadh menyebutkan pendapat lain. “Di samping ada ulama yang berpendapat bahwa tulisan di sini adalah dalam pengertian hakiki sebagai mana yang kami sebutkan di atas, ada juga ulama lain yang berpendapat bahwa tulisan di sini bermakna majazi dan merupkan isyarat bahwa Dajal itu baharu, tidak kadim. Alasannya adalah kata-kata ‘yang dapat dibaca oleh setiap mukmin yang bisa menulis maupun tidak. ‘ Namun, pendapat ini lemah. (Syarah an-Nawawi ‘ala Muslim XVIII, h 60). [Sumber: “Ensiklopedia” Kiamat, Karangan: Dr. Umar Sulaiman al-Asyqar, Penerbit Serambi]

islampos.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: